Friday 24 December 2021

Pilea depressa si daun kecil mungil

Menulis ini karena tahun ini saya mulai tertarik mengamati tanaman baik itu yang saya punya maupun yang saya temui. Kalau saya ingat-ingat lagi waktu kecil saya juga pernah bermimpi menjadi seorang botanist.. meski mimpi itu tak berlanjut. 😂😂🤣 Yaaa... Setidaknya tahun ini saya sudah seperti mewujudkan sedikit-sedikit gaya itu. Wkwkwkwkwk 😝 satu sisi diri saya tak pernah padam diantara banyak hal yang lain juga.  Sekarang lagi bahas tentang tanaman yang saya punya. Namanya "Pilea depressa" .. yes gitu nama ilmiahnya. 


Pilea depressa (Sw.) Blume (1856)

Synonyms:
Adicea depressa (Sw.) Kuntze
Pilea depressa var. calycosa C.Wright ex Griseb.
Pilea depressa var. multicrenata Wedd.
Urtica depressa Sw. 

family : Urticaceae de Jussieu 1789
genus : Pilea Lindl.

Sekedar pengingat bahwa genus Pilea ada sekitar 600–715 species, merupakan genit terluas dalam family Urticaceae.

The genus name Pilea is Latin for "felt cap", a reference to the calyx covering the achene. *Silahkan lihat foto bunga di postingan maka memang benar bahwa calyx melingkupi bunga utamanya" 👈👈👈🤗 udah kaya topi yg menutupi. Kalau saya bilang malah mirip cup nya berlian 😂😂




Itu dia ragam detail foto tanamannya juga nama ilmiahnya. Kali ini kita bahas nama lokalnya juga common name-nya.

Pilea, pilea green fall, sodum, meatleaf (Indonesia). Baby Toes, Depressed Clearweed, pilea baby tears, Artillery PlantG, Gunpowder plant. (English).

Sebenarnya nama baby tears sendiri tidak hanya dipakai oleh Pilea depressa saja tapi juga oleh spesies lain yaitu Helxine soleirolli

native range is Cuba to Hispaniola, Dominican Republic, Haiti. (Caribbean).

Udah deh gitu aja. Foto diambil dari koleksi foto pribadi dan dari tanaman pribadi. 

Sehat selalu 🙏🏻


Referensi :

https://www.mindat.org/taxon-9054945.html

https://powo.science.kew.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:855364-1

https://gardeningbrain.com/pilea-depressa/


*reny_yner*

No comments:

Post a Comment