Saturday 5 February 2011

Rasi Bintang Scorpius (Scorpio)

sumber gambar : www.astronoo.com


Disebut Scorpius tentu karena berpola seperti Kalajengking/scorpion. Astrologi barat menyebutnya "Scorpio". Dalam Tradisi Jawa disebut "Banyak Angrem/Angsa yang mengeram", dan sempat saya pernah membaca sumbernya saya lupa yang menyebutnya "Kelopo Doyong (yang bisa saya artikan sendiri "pohon kelapa yang mau roboh")". Luasnya 496,783 derajat persegi terluas ke 33. Berada antara Libra di sebelah barat dan sagitarius di sebelah timur serta merupakan salah satu rasi besar yang terletak di belahan selatan sekat Pusat Bima Sakti. Selain itu juga berbatasan dengan Rasi Ophiuchus, Lupus, Norma, Ara dan Corona Australis. Bintang terterang di rasi Scorpius ini adalah Antares/Cor Scorpii ~ bhs. Yunani/Qalb al-Aqrab ~ bhs. Arab/Vespertilo ~ bhs. Latin (α Sco) yang merupakan bintang terterang ke 16.

Ia mudah dikenali dari rangkaian bintang yang membentuk seperti huruf S atau J besar di belahan langit selatan. Tapi juga sulit untuk di temukan atau dicari karena konstelasi bintangnya yang banyak.Rasi Scorpio ini jadi petunjuk arah Tenggara/Timur langit. Dapat dilihat di koordinat 40 derajat LU (lintang utara) dan 90 derajat LS (lintang selatan). Sekitar bulan Juli tampak paling jelasnya.

sumber gambar : wikipedia


Sebagai salah satu rasi bintang Zodiak, ia dilewati garis Imajiner Ekliptika (adalah jalur yang dilalui oleh suatu benda dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem koordinat tertentu, Ekliptika pada benda langit merupakan suatu bidang edar berupa garis khayal yang menjadi jalur lintasan benda-benda langit dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem tata surya) 



Dalam mitologi yunani Scorpio digambarkan dalam kisah seorang pemburu besar bernama Orion. Dia selalu berburu tengah malam bersama dewi pemburu, Artemis. Artemis pun jatuh cinta padanya. Saudara kembar laki2 Artemis, Apollo marah pada Orion karena mencintai adiknya. Apollo meminta pada ibunya Hera mengirimkan seekor Scorpio untuk membunuh Orion. Hera mengabulkan permintaannya dan Orion pun terbunuh. Artemis bersumpah tidak akan mencintai org lagi dan menangis meminta ayahnya Zeus penguasa langit untuk meletakkan konstelasi di langit untuk kekasihnya Orion. Dan begitu ia melakukannya, ia tidak hanya memberikan suatu konstelasi untuk Orion, tetapi juga untuk pembunuhnya, Scorpio. Dengan cara itu Artemis bisa selalu melihat cintanya. 


*) sumber : Bennyshukaku.blogspot ~ atas mitologinya, wikipedia ~ untuk koordinatnya juga info2 lainnya.

sebenarnya,, gak puas saya nulis halaman ini.. datar.. tidak seperti biasanya. tapi intinya adalah teruslah pandangi langit malam dengan kilauan mutiara yang tersebar di hamparan permadani hitam itu.. seperti aku.. haaaa.. :D asal gak lagi mendung atau hujan aja ...

No comments:

Post a Comment