Saturday 2 April 2022

Cerita dengan Ngengat (Part 1) _ Chrysodeixis sp. Siklus hidup hingga lepas liar

Ceritanya akhirnya aku piara larva/ulat yang aku temui biar nggak makan tanamanku...
Ketemulah aku dengan ulat jengkal berwarna hijau yang kemudian aku piara sampai fase dia akhirnya jadi ngengat. Pelan-pelan aku ikuti siklus hidupnya. Dari larva instar hingga pupa lalu lahir jadi ngengat. Setelah itu aku lepas liarkan dia...  Nih aku buat kolasenya....


Kita sebut dia karena cara jalannya yang seperti jengkal (bagaimana kita mengukur dari ukuran jari kelingking dan ibu jari 🤙🤙). Jengkal (bahasa Inggris: span) adalah satuan panjang yang didasarkan pada ukuran tangan manusia dari ujung ibu jari sampai ujung jari kelingking pada saat direntangkan sejauh mungkin. Kalau dalam bahasa Jawa dia disebut "uler kilan", kilan adalah jengkal.


Ini foto lainnya 


Ada lagi pose lainnya 😜😜



Itulah foto-foto fase instar dia atau fase larva dia.
Berikut foto waktu udah fase kepompong/pupa

Saat dia mulai mengeluarkan benang-benang putih


Kepompong dia mulai menggelap..


Ini fase dia udah keluar dari pupa dan keluarlah jadi ngengat.


Ada warna ke emasan... 


Saat dia merentang


Ini ngeliat matanya yang lucu...



Masih soal tatapan dia


 
Kalau ini dari bawah 



Jadi dari sekian lama siklus dia aku masih tetep bingung spesiesnya.. meski genusnya sih yakin adalah "Chrysodeixis" bisa jadi Chrysodeixis chalcites atau Chrysodeixis eriosoma. 

Chrysodeixis is a genus of moths of the family Noctuidae described by Jacob Hübner in 1821.
Synonyms:
Pseudoplusia
Neoplusia
Shensiplusia
Chrysodeicis
Chrysodixis

Ini video pelepas liaran dia.. :) 

Dan dia terbang entah kemana... 😁😁счастливая свободная жизнь, мой мотылек.. TWO.. 

Udah deh... Gitu cerita aku mengamati siklus hidup si Chrysodeixis sp. ini....

Masya Allah banget ya...

Ok done.. next kalo ada bikin lagi ginian.. insya Allah..

Salam


Referensi :

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chrysodeixis

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jengkal


*reny_yner*

No comments:

Post a Comment