Tuesday 16 April 2013

Ookii na koto, sukoshi na koto

ngapain ya aku ni ??!! jrenggkk.. gonjrenkkk.. gak tau.. @.@ 
awalnya mau denger instrumen aja sambil ngopi latte, santai juga memangku kucing2 ay.. haa :D __ gayanya bahasa malay (kaya pilm2 borju sana.. sok jeyy!!)
but then, kedampar di instrumen2 Asia Timur lagi dan lagi... lagi denger permainan KOTO. padahal ya kalau di denger2 suaranya juga kaya mainan gitar-gitaran anak-anak dipadu suara gitar-gitaran dari senar karet gelang.. toweng-toweng.. gitu sama kecempreng.. kecempreng.. gitu kan kalo dipikir juga.. (ah jadi inget jaman aku bikin gitar-gitaran jaman masih kecil)...
tapi yaa.. enak aja.. denger KOTO dipadu sama kaya seruling itu.. atau kalu di instrumen cina pake Kecapi yang di sebut Pipa atau Lute atau yg guzheng nah kalo di jawa kenalnya Siter itu ya,, suaranya lebih twing..twing..gitu..
Dan entah karena apa dan tanpa kenapa-kenapa.. kedampar di permainan yang aku menangkapnya Mak JLeBBbbb.. kaya ada pilu gitu... gojrenk!!! @.@ kok bisa ? how come?!! dan ku jawab "Embuh" dalam bahasa jawanya. Yang berarti I dont Know......
Mungkin karena saya lagi gak dengerin musik-musik Liu Fang yang kalo di pilm2 cinanya adegan fighting. dan kedampar di Itsuki no Komoriuta, sakura sakura, Yoen Do, Ha Mang Yeon dan kanca2nya itu.. dengan paduan Flute ada juga.. seruling.,. aaahh anything
dalam beberapa hal orang mendengarkannya "malah Relax" tapi aku malah enggak... "malah sadness" dan aku menekankan lagi... dimana relaxnya sich???? __ malah saya membacanya kok seperti ya itulah....
well.. aku mulai berpikir musik-musik itu tengah berbicara secara universal seperti memandang sebuah aliran sungai sambil termenung atau memandang bintang dilangit.... oek.. @,@ haa :D :D ya gitu...

so where is the "Oki na koto , sukoshi na koto" nya reny ???
aahh.. karena seni.. kita sedang berbicara mengenai suatu "rasa" dan bagaimana suatu karya itu di apresiasi... seberapa cetar membahana atau seberapa adem ayem bahkan melempem... inilah letak a big thing or a little thing.... dan seperti slogan saya di Blog ini. mendalam tak mendalam.. hanyalah sebuah sudut pandang. kau pandang ini suatu karya besar atau kecil.. juga bebas-bebas aja. begitu juga saat saya mendengar lagu Lullaby's Itsuki itu malah mengena di saya adalah lagu yang sedih.. ya lagi-lagi mungkin rasa saya sedang kena di sisi sensitifitas ruang yang itu.. thats it..
Dan aku cuma bisa berkata.. this is a Harmony. tapi jika mau di telaah lagi sebenarnya harmoni itu lebih ke arah apa ?? __ sepertinya lebih mengarah kepada kedamaian ya ?! dan Keseimbangan ya kan... ^_^ reny yner mulai Sotoy.. alias sok tau... 

HARMONY
simbol dapet dari mbah google. dah ngendon dfile lama nih simbol.
karepnya mo bikin cerita apa.. eh.. malah keluar di sini ^_^ 

simbol e harmoni. di sebut wa.. wae.. wo.. orang.. yamato.. yamatai.... *aihhh nanti aja kita cari tau ya reny *_* nanti bahas lebih dalam soal simbol itu. oke!!

Dan saya ngakak lagi... lha iyo kok aku demam jepang, cino, korea maneh iku looo.. wkwkkwk :P :P padahal beberapa waktu kemaren sudah sedikit enggak... yang jelas ya lagi-lagi soal rasa. nanti kan aku juga kembali demam jawa, nanti akan deman slavic, nanti lak demam skandinavia, dan ganti-ganti begitu....


Lan socaku mandeng nanar ora ketuju
ngawang-awang
ananging ora mung sirep tanpo guno
duh.. kanjeng Ibu..
pangapuramu ing abdi mecah bubrah kaheningan 
mecah bubrah kaheningan ananging sanes gumyak
gumyak ananging bungkem
pangapuramu ning Asmamu sing dak sebut
dak sebut ning sirep

lihatlah... semakin tidak fokus... wakakkak :D :D judule opo.... akhire ngawe geguritan boso jowo. dan.... perputaran ini menuju titik sama. dan namanya yang saya sebut... bukan kerinduan, tapi dari sosok ia juga saya menemui makna a big thing and a little thing.... karena kepandaian saya saya rasa memang itu. menghubungkan dan mencari dari sisi mana saja... baiklah.. saya bagi permainan koto yang bisa bikin saya merangsek ke relung yang ngumbrawara ini... ia membuat saya merangsek.. berbicara lagi dengan bintang dan berbincang lagi dengan nama ibu yang saya sebut dalam diam.. dan sekalipun tak ada hubungannya beliau dengan semua perputaran sisi ini. hanya karena memang sosok ibu adalah fakta termudah sebagai tempat berlari. berbicara mengenai besar dan kecil, yang nyata dalam halam ini tak begitu saya gambarkan secara gamblang (karena besar dan kecil itu... saya membayangkan sekarang adalah saya dan bintang-bintang dan alam semesta ini, maupun besar kecil universal ini, besar kecil dalam kadar apa saja____ ahh akhirnya sedikit mengena dengan judul :P :P ),dan mengenai harmoni, kedamaian, keseimbangan. dan itu hakikatnya.. dan itulah manusia secara individual, sosial, natural, universal... *jareQ tapi. haa :D


judulnya "itsuki no komoriuta"


geje gak geje,, babah wes.. emang tangane lagi pengen ngetik ae... mblarah gak mblarah.. fokus gak fokus.. 

  *corcil Reny Yner. 16'4'13. 10.00 pm

No comments:

Post a Comment