Thursday 24 February 2011

Rencana.. Oh.. Rencana.. Plannen bedenken is eenvoudig, maar plannen realiseren is moelijker. Lalu Bagaimana ???

sumber gambar oleh http://suara-anda.com

Atas dasar pencerminan diri juga kehidupan saya sendiri. Begitupula dalam hidup tentu saja selalu dan selalu akan memiliki rencana, simpelnya berencana untuk sesuatu yang akan dilakukan. Manusiawi ataukah tidak.. Wajar atau tidak.. jika dalam rencana tiada juga terlaksana?
Rencana adalah Langkah awal dari setiap proyek kerja yg sedang anda kerjakan*, rancangan terhadap sesuatu yang akan dilakukan**, hal yang ditulis dijadwal dan direkam didalam otak dengan harapan bahwa langkah kaki ini akan secara sadar dan tidak sadar menuju ke arah pelaksanaan rencana*** yach.. intinya pasti anda tau makna dari "rencana" itu sendiri. Yang dalam Bahasa Inggrisnya "Plan", Bahasa Jepangnya "計画 `keikaku`", Bahasa Chinesenya "计划 `jì huà`", Koreanya "계획 `kyehoek`",,,,, 
Dari sekedar mimpi, keinginan atau harapan dalam hidup untuk kemudian kita berharap mendapatkannya.. Untuk mendapatkannya, meraihnya itu pada dasarnya kita sudah melangkah pada 1 step pertama dalam rencana. Adanya PEMIKIRAN itulah rencana..Dalam hidup juga tidak semuanya kita rencanakan. inilah yang disebut spontan (melakukan sesuatu dengan cara tanpa pikir sebelumnya). Dan juga rencana untuk meraih sesuatu, keinginan untuk meraih sesuatu adalah wajar adanya.. sebagaimana hidup yang dinamis berubah menuntut raga, pikiran untuk berubah.. terkadang mobilisasi, kedinamisan, kinerja otak membawa kita pada satu harapan-harapan.. pencapaian sesuatu hal. dan rencana itu sendiri.

Plannen bedenken is eenvoudig, maar plannen realiseren is moelijker

Benar sekali pepatah Belanda itu.. yang dalam Bahasa Indonesianya "Memikirkan rencana-rencana adalah mudah, tetapi mewujudkannya lebih sukar". yach.. bercermin pada diri sendiri tentu.. Saya yang pemimpi ini jelas memiliki rencana-rencana dalam hidup. Namun juga banyak pula yang rencana-rencana itu hanya sebatas rencana.. Rencana itu tak terlaksana. Menjadi sebal tentu "Iya" mengapa ? karena merasa betapa lemahnya diri ini bukan begitu.. ?! Banyak alasan tentunya, situasi kondisi atau apa sajalah penghalangnya. Sungguh tidak untuk menggurui.. karena saya sendiri juga masih berusaha mewujudkan rencana saya.. Yang jelas dan juga saya tahu dan sadari. MINDSET. mengubah pola pikir.. ketika rencana tiada juga berujung pada Realita. Mungkin usaha saya kurang keras, atau segala sesuatu bentuk persuasi diri.. Walau juga kadang kembali dan kembali merasakan kegagalan. Anda pasti pernah merasa yang sama bukan ? Lantas apakah ini harus menghentikan kita untuk bermimpi dan mewujudkannya ?? jawabnya TIDAK donk!! kembali saya ungkapkan memang tidak mudah.. Tapi disitulah letak pointnya. Adanya Usaha.. kemudian bagaimana lalu rencana itu kan berjalan dan mendekati keberhasilan.. lupakanlah dulu,, lama atau tidaknya pencapaian itu terkadang juga ada letak tangan Tuhan(mungkin ada yang tidak setuju dengan ini ?! bolehlaaah..). Ada juga yang menyebutnya Hukum Alam dimana usaha itu harus keras jika ingin meraih sesuatu, jika usaha itu tidak maksimal maka akan memperlambat perolehannya dan jika tidak ada usaha sama sekali maka Nol besar yang dihasilkannya. Terkadang cepat, dipermudah, atau sukar.. yach.. bebas anda mengartikannya. Saya merasakan sendiri kok!!.. Dalam hal yang sama untuk meraihnya setiap orang punya kapasitasnya, kemampuannya sendiri-sendiri, lalu ada juga kesempatan yang berbeda-beda. Kesempatan?? iya.. kesempatan.. seseorang dengan kecermelangannya sekalipun terkadang juga tidak dapat mewujudkan rencananya karena kurangnya kesempatan. Sekalipun setidakcemerlangnya seseorang dengan kesempatan juga membantunya. Iri ?? terkadang iya.. saya tidak munafiklah.. tapi kembali lagi.. setiap orang sudah diberi sesuatu atas takarannya oleh Tuhan. sudah.. Lupakan yang lain.. kembalilah pada rencana kita.. bahwa semuanya butuh perjuangan, seberapapun sulitnya, seberapapun orang lain dengan mudahnya atau dengan sulitnya meraihnya. Refleksikan diri, berkacalah jika Rencana tiada juga terlaksana.. Bijaklah.. Usahalah lebih keras lagi.. 
Karena saya juga.. awalilah dengan Do'a.. Semangat!!!!


*http://www.hrcentro.com
**Kamus Bahasa Indonesia
***http://blankdakruz.multiply.com

No comments:

Post a Comment